Header Ads

Mengenal Tentang Wiremesh Screen

Halo guys udah sering denger dong kata wiremesh,? Nah kalau screen mesh ada yang tau?

Jenis wiremesh yang satu ini memang sangat jarang kita jumpai di fasilitas umum apalagi dengan ukuran yang besar. Karena jenis wiremesh ini lebih banyak digunakan di industry pertambangan sebagai ayakan batu.

Wiremesh screen atau juga dikenal dengan sebutan kawat anyaman adalah material yang terbuat dari kawat baja yang dianyam dengan pola tertentu. Wiremesh screen memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah sebagai screening atau penyaring pada berbagai aplikasi industri seperti pertambangan, konstruksi, dan pertanian.

Wiremesh screen tersedia dalam berbagai jenis, seperti yang terbuat dari stainless steel, baja karbon, atau kawat galvanis. Jenis kawat yang digunakan dan ketebalan kawat dapat disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi tertentu.

Wiremesh screen juga dapat dibentuk menjadi berbagai ukuran dan bentuk, seperti persegi panjang, lingkaran, atau bentuk yang tidak teratur. Ini memungkinkan wiremesh screen untuk digunakan dalam berbagai jenis aplikasi, seperti penyaringan material, pemisahan partikel, perlindungan dari serangga, dan sebagai pelindung pada perangkat listrik atau mesin.

Keunggulan dari wiremesh screen adalah tahan lama, mudah dibentuk, dan dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi. Selain itu, wiremesh screen juga tahan terhadap korosi dan panas, sehingga cocok digunakan di lingkungan yang keras dan memiliki suhu tinggi.

Namun, wiremesh screen juga memiliki kelemahan, seperti mudah rusak jika terkena benturan atau gesekan yang kuat, dan kemampuan penyaringannya terbatas tergantung pada ukuran lubang pada anyaman kawatnya.

Adapun wiremesh jenis ini dengan ukuran kecil biasanya digunakan sebagai saringan pentilasi yang berfungnsi menghalau serangga.

Screen mesh atau ayakan batu memiliki tekstur yang kokoh, karena terbuat dari baja high carbon dengan berbagai ketebalan kawat anyam dan ukuran kotak. Kelebihan screen mesh ini meskipun kawat anyamnya besar tapi ukuran kotaknya bisa dibuat keci.

Akhir akhir ini jenis wiremesh screen sedang banyak dicari untuk digunakan sebagai kendang hewan seperti gorilla, karena memiliki tekstur yang kokoh dengan ukuran kotak yang kecil.

Minggu ini kita mendapat pesanan screen mesh dari salah satu LSM yang bergerak dibidang perlindungan satwa dikalimantan dengan ketebalan 6 mm dan ukuran kotak 22mm, untuk pembuatan kendang orang utan.


Fungsi & Kegunaan Wiremesh Screen :

Wiremesh screen memiliki berbagai fungsi dan kegunaan dalam berbagai bidang industri, di antaranya adalah :

- Sebagai penyaring: Wiremesh screen dapat digunakan untuk menyaring partikel atau bahan tertentu dari campuran bahan yang lebih besar.

- Sebagai pemisah partikel: Wiremesh screen juga dapat digunakan untuk memisahkan partikel berdasarkan ukuran, sehingga dapat digunakan untuk pemisahan material yang terkandung dalam campuran yang lebih besar.

- Sebagai pelindung: Wiremesh screen juga dapat digunakan sebagai pelindung pada perangkat elektronik atau mesin, untuk mencegah masuknya benda asing yang dapat merusak perangkat tersebut.

- Sebagai pengaman: Wiremesh screen juga dapat digunakan sebagai pengaman pada jendela, pintu, atau ventilasi, untuk mencegah masuknya serangga atau hewan kecil lainnya.

- Sebagai dekorasi: Wiremesh screen juga dapat digunakan sebagai bahan dekorasi pada dinding, plafon, atau langit-langit.

- Sebagai konstruksi: Wiremesh screen juga digunakan sebagai bahan konstruksi pada pembuatan dinding, pagar, dan berbagai struktur bangunan lainnya.

- Sebagai pembungkus: Wiremesh screen juga dapat digunakan sebagai pembungkus pada kemasan produk yang rentan terhadap kerusakan atau deformasi.

Dengan berbagai fungsi dan kegunaannya, wiremesh screen menjadi bahan yang sangat serbaguna dan berguna dalam berbagai bidang industri.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
wa